Category

Jumat, 12 Juni 2015

Atasi Masalah Akurasi Pada Senapan Angin Sharp Goppul

by Ridho  |  in Tutorial at  16.42

SENAPAN ANGIN SHARP GOPPUL

Senapan angin kini semakin di minati hampir semua kalangan, baik di gunakan sebagai alat untuk berburu hama di ladang,bahkan sebagai hobi seperti menembak sasaran yang kini sering diperlombakan. berbagai merek dan jenis senapan angin juga sudah di produksi sendiri di Indonesia, tentu suatu kebanggan tersendiri  bagi kita ya ?, atas hasil karya anak bangsa yang semakin kreatif.
Dan salah satu jenis senapan yang saya miliki saat ini adalah Sharp Goppul - Night Furry
jenis senapan ini di produksi oleh INDOSNIPER, http://www.indosniper.com,
berikut spesifikasi dari senapan angin Sharp Goppul - Night Furry
Laras terbuat dari Baja (Alur 12 dengan 2 putaran)
Panjang Laras 64 cm
Diameter tabung 25 mm
Kaliber 4,5 mm
Body Pipa dari kuningan
Popor kayu mahoni model lubang
berat senapan 3 kg

dan beberapa kelebihan lain dari senapan ini bisa di lihat langsung di web nya indosniper,

 Pertama kali menggunakan senapan ini bagi saya memuaskan dari sisi akurasi dan power,
mungkin karena di dukung dengan laras yang bagus dan tabung pompa yang berdiameter
besar sehingga angin yang di mapatkan ke dalam tabung juga sangat besar walau hanya
dengan 5 x pompaan saja sudah bisa menembak di jarak 25 m grouping rapat koin 500 ,
namun kurang lebih sebulan Goppul saya mengalami masalah pada akurasi, mimisnya sering
melenceng tidak karuan, kadang ke atas, kadang ke bawah, kadang setelah zero nya pas
di tembakan lagi eh malah melenceng lagi, pokonya pusing. sudah gonta ganti mimis hasilnya
tetap sama.
kemudian saya coba bersihkan laras menggunakan kawat yang ujungnya dililit dengan
serabut kelapa(baca juga Cara Mudah Membersihkan Laras Senapan Angin)
menggunakan benang kemudian di beri minyak jelantah pun hasilnya tetap
saja belum, walaupun sisa sisa residu timah dari mimis di dalam laras sudah bersih..

Hampir putus asa juga pengen ganti saja laras goppul ku, gonta ganti mimis? sudah.
bersihkan laras? sudah? zero dengan fariasi jumlah pompaa? sudah.
hasilnya? "BELUM"..... preeeettttt.
sudah seminggu nginap di lemari saya ambil lagi si goppul pengenya buka laras biar beli
laras yang baru sajalah,

waktu mau lepas peredam eh malah nepel pengunci larasnya juga
ikut berputar,
setelah peredamnya lepas aku gunakan tang untuk mengunci kembali baut
nepel pada ujung laras yang longgar tadi,
setelah itu ring pengunci nepelnya juga di kencangkan lagi biar lebih kuat
setelah selesai si Goppul aku ajak zero koin 500 lagi di jarak 25 m dengan 5 x pompa
hasilnya masih melenceng ke kiri, telescopenya di seting lagi, pompa 5x door,,,,,,
masih juga belum tapi lebih rapat dikit ketimbang yang pertama, setel lagi tele. pompa lagi
dorrrrrr... hmmmm sepertinya pertanda baik perkenaan mimis sekitar 2 cm ke arah kiri,
3 x zeroing eh hasilnya mantap. pikirku mungkin goppul sudah takut aku copot larasnya
jadi dia nurut sama aku, tes lagi 6 x jedoorrrr.. hmmmmmm ternyata goppulku nggak bercanda,
dia serius kalo memang larasnya masih bagus 6 x sero kena terus koin 500 di jarak 25 mtr.
 ternyata masalhnya karena nepel pengikat larasnya saja yang loggar karena sering lepas
peredam makanya nepelnya ikut keputar, kalo mimis yang sudah saya pakai
laras goppul lebih cocok dengan beberapa jenis saja seperti KP.09, Jawara 12 gr, Black Sniper,
Super Dome, mungkin masih ada juga yang lain tapi belum saya coba,
ok sekian dulu untuk kali ini tips Atasi Masalah Akurasi Pada Senapan Angin Sharp Goppul
sebenarnya masalah akurasi pada tiap tiap senapan itu umumnya berbeda, di sini saya hanya
berbagi tentang salah satu pengalaman saya tentang senapan angin sharp goppul yang saya miliki
semoga bisa membantu.

Salam "SUKSES"


9 komentar:

  1. tempatku juga akurasi buruk setelah aku lepas cicincin pengikat peredam sekarang mending enak

    BalasHapus
  2. makasih Masukannya Bro Master,
    kalau Gopul sudah di pompa 5 kali & dimasukkan mimis ternyata ngempos lewat laras & mimis gak keluar harus gimana nih master, pusing dah ganti sil juga masih gitu gitu aja

    BalasHapus
  3. Salam GNF gan.. goppul saya sama persis kayak artikel diatas, tapi bingung semua sudah di cek dari baut nepel, laras, belum menemukan hasil. mohon share gan.. uda minggu pusing dengan goppul.

    BalasHapus
  4. Informasi yang bermanfaat. Trims

    BalasHapus
  5. Senapan saya malah lebih bagus akurasinya tanpa predam,dipasang predam jarak 3m aja gx bisa nembak dengan tepat,tanpa predam tekukur dijarak 35m aja mati terkapar ditempat,ya meski kelihatannya memang agak jelek modelnya tanpa predam tapi hasilnya memuaskan,power jauh lebih kuat dibanding tabung kecil ukuran 22mm

    BalasHapus
  6. Kadang di peredamnya yg kurang baik..

    BalasHapus
  7. Masalah akurasi pada senapan goppul ada maslah gagal atau kurangnya pengawasan QC pada saat produksi, misal : pada senapan sya GNF 2014 masalah utamanya adalah 1) Dudukan untuk kaki teleskop tidak senter dengan laras, garis teleskop ke arah kanan sedangkan laras ke arah kiri (2mm/meter) akali dengan mengganjalnya agar menjadi senter (Mungkin tidak semua) 2) Karet penahan getaran laras yg di dalam serobong kurang banyak

    BalasHapus
  8. Goppul saya setiap menggunakan peredam kenapa akurasinya selalu meleset dan spt kekurangan power? tetapi jika tdk menggunakan peredam akurasi sangat bagus, power mantap. Peredam yang saya gunakan Bushnell HW100 Import (made in china).yang ingin saya tanyakan apakah goppul tdk cocok menggunakan peredam? Mohon pencerahannya...terima kasih

    BalasHapus

Proudly Powered by Blogger.